Senin, 13 November 2017

Jenis Jenis Ikan Cupang Import dan Gambarnya


Ikan cupang sangat populer di kalang masyarakat, banyak sekali yang hobi untuk mengoleksinya daripada untuk diadukan satu sama lain. Yuk simak artikel tentang ikan hias cupang.
Ikan cupang memiliki nama latin (Betta sp.), merupakan salah satu ikan jenis air tawar yang memiliki habitat asli di Asia Tenggara yaitu Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini terbilang agresif dalam mempertahankan wilayahnya, serta memiliki karakter yang unik.
Ikan cupang mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama. Apabila disimpan pada tempat yang memiliki volume air yang sedikit dan tanpa dilengkapi adanya alat sirkulasi udara, maka ikan ini akan tetap hidup.

Pada umumnya ikan cupang terdiri dari tiga golongan, yaitu ikan hias cupang, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Di Wilayah Indonesia tepatnya di Pampang, Kalimantan Timur terdapat ikan cupang asli yaitu Betta Channoides.

Jenis Jenis Ikan Cupang

Ikan Hias Cupang


Ikan hias cupang ini paling banyak diminati karena memiliki keindahan warna pada bagian sirip dan ekor. Keindahan ini tidak akan ditemukan pada ikan cupang aduan dan ikan cupang liar.
Warna pada bagian tubuh ikan hias cupang sangat bervariasi seperti ungu, merah, biru, ataupun kombinasi warna-warnanya. Apabila ikan ini sedang berenang, gerakannya cenderung lambat  dan suka menunjukan keanggunannya.
Banyaknya peminat dari ikan hias cupang ini, maka kolektor ikan ini mulai membudidayakan serta melakukan kawin silang untuk mendapatkan hasil yang lebih beraneka ragam.
Selain memiliki keindahan tubuh yang cantik, ikan hias cupang juga dapat diadu dengan ikan cupang lainnya. Namun berisiko tinggi saat ekor dan siripnya rontok, sehingga bentuknya tidak akan terlalu indah.Kebanyakan para pengkoleksi ikan hias cupang hanya mengkoleksi ikan jenis ini untuk dipelihara dan dinikmati keindahannya, bukan untuk diadukan dengan jenis ikan cupang aduan.

 Ciri-ciri Ikan Cupang Hias

Bentuk sirip dan ekor yang menjumbai panjang. Struktur tulang sirip dan ekor menunjukan bentuk yang sangat khas.
Memiliki warna tubuh yang terang, serta varian yang lebih indah dan banyak. Saat berenang, gerakan ikan hias cupang sangat anggun dengan kibasan dari sirip-siripnya.
Saat melihat musuh yang dianggap berbahaya atau ketika sedang bercumbu, maka bagian sirip dan ekornya akan berkembang dengan sempurna, jelas terlihat bentuk yang khas dari ikan ini.

Ikan Cupang Aduan


Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ikan cupang ini untuk diadukan satu sama lain. Di negara-negara Asia Tenggara sudah banyak kompetisi adu ikan cupang. Namun di Negara Amerika, adu ikan cupang merupakan tindak kejahatan yang dapat dijatuhi sanksi pidana bagi pelakunya.
Badannya yang kokoh mulai dari leher hingga ekor, membuat ikan ini sangat agresif dan mampu bergerak cepat. Saat melihat musuh, maka secara otomatis sirip dari ikan cupang aduan akan langsung mengembang dan langsung menghajar lawan.
Risiko kematian sudah menjadi hal yang biasa bagi ikan cupang aduan, biasanya ikan ini akan menyerang musuhnya hingga mati.

Ciri-ciri Ikan Cupang Aduan

Badan yang sangat kokoh, serta lebih lebar dan tinggi mulai dari leher hingga ekor.
Jari-jari sirip ekor yang halus rapat.
Gerakannya sangat agresif, sangat berbanding terbalik dengan ikan hias cupang.
Ring bibir yang tebal dan kokoh, mulutnya tidak menganga. Jika seksama dari atas, pada bagian bawah terdapat bintik-bintik yang menunjukan bahwa ikan ini memiliki gigi yang runcing.


Ikan Cupang Liar


Ikan cupang liar bisa disebut juga dengan ikan cupang alam karena sebagai julukan bagi ikan cupang yang hidup di alam liar. Pada awalnya, semua ikan cupang yang dibudidayakan saat ini berasal dari ikan cupang liar.
Ikan cupang liar biasanya ditemkan di sawah, rawa, dan selokan. Keunikan dari ikan cupang liar adalah keasliannya yang belum banyak disilangkan dengan jenis cupang lainnya. Sehingga kita dapat melihat bentuk serta corak warna yang masih sangat alami.

Masih banyak ikan cupang liar yang memiliki bentuk serta warna yang sangat unik, sehingga belum pernah dijumpai dimana pun.
Dari ketiga jenis ikan diatas, terdapat beberapa jenis yang sangat populer dan diminati oleh para pengkoleksi. Biasa ikan cupang ini dikelmpokan berdasarkan bentuk dan warnanya.
Setiap hasil persilangan dari ikan cupang akan menghasilkan bentuk dan warna yang sangat unik.
Misalnya :

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Crown Tail
Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Halfmoon


Ikan cupang Halfmoon atau bulan sepotong adalah salah satu jenis cupang yang sangat populer di kalangan pecinta ikan cupang. Sirip dan ekornya terlihat menyatu satu sama lain. Sirip dan ekornya berbentuk setengah lingkaran yang mirip seperti bulan sepotong, itulah kenapa disebut Halfmoon.

Ikan ini banyak dipelihara karena memiliki bentuk serta keindahan yang sangat eksotis. Berbagai varian warna tubuh pun sangat beragam, yaitu merah, ungu, biru, hijau, dan masih banyak lagi jika terus disilangkan dengan warna yang berbeda.

Ikan Cupang Crown Tail


Di Indonesia sendiri ikan ini disebut dengan ikang cupang serit. Untuk membedakan ikan cupang jenis ini dengan yang lainnya pun sangat mudah. Perhatikan bentuk ekornya yang unik, ini menjadi salah satu ciri khas dari ikan cupang Crown Tail.
Ikan cupang yang satu ini mendunia karena memiliki variasi keindahannya, disebut crown tail karena bila dibalik dan diahadapkan keatas, maka serit-serit pada ekor ikan ini akan terlihat seperti mahkota raja. Terdapa dua jenis serit pada ikan cupang Crown Tail, yaitu serit tunggal dan serit ganda. Serit tunggal berarti hanya terdapat satu serit dalam setiap tulang siripnya. Serit ganda berarti memiliki cabang ganda dalam setiap tulang siripnya. Ikan ini telah banyak dipertandingkan dalam berbagai kompetisi, bahkan sudah tingkat internasional yaitu International Betta Congress (IBC)

Ikan Cupang Plakat


Dalam Bahasa Thailand, Plakat berarti tarung atau laga. Sesuai dengan julukan namanya, ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Menurut cerita, tradisi adu cupang yang melegenda ini berawal dari Negara Thailand.
Dari siripnya serta ekornya yang pendek, maka ikan cupang Plakat sangat mudah untuk dikenali. Tubuhnya yang besar dan kokoh sangat ideal untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan

Ikan Cupang Double Tail


Dari penampilannya, ikan ini agak sulit dibedakan dengan ikan cupang Halfmoon, namun ikan ini memiliki bagian ekor yang terbelah, seperti cagak. Ikan cupang Double Tail memiliki jenis warna yang sangat beragam. Namun sangat disayangkan bahwa ikan ini cukup langka di pasaran karena untuk membudidayakan ikan jenis ini cukup sulit. Sehingga masih sangat sedikit di pasaran

Ikan Cupang Giant


Ikan cupang ini ukurannya jauh lebih besar dibandingkan jenis ikan cupang lainnya. Hingga saat ini, banyak sekali ikan cupang raksasa seperti Halfmoon Giant, Double Tail Giant dan Crown Tail Giant.
Ikan Cupang Giant adalah hasil persilangan dari berbagai jenis ikan cupang seperti Crown Tail Giant, Halfmoon Giant dan masih banyak lagi.
Bahkan ukuran ini ada yang mencapai hingga 12cm. Ukuruan yang sangat besar ini membuat harga ikan cupang Giant lebih maha dibandingkan dengan ikan cupang palinnya.

Itulah berbagai jenis ikan hias cupang. Apakah setelah membaca artikel ini kamu tertarik memelihara ikan cupang? Jika kalian memutuskan untuk membeli ikan ini, jangan sampai lupa untuk merawatnya dengan baik, apalagi jika membeli ikan cupang aduan.

6 komentar:

  1. ok banget...min....jadi tambah ilmu and wawasan saya..khusus nya ikan cupang..ok sukses terus ya min...and jangan bosan berbagi ilmu untuk kita semua...salam

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, selengkapnya tentang ikan cupang blue rim ada disini : ikan cupang blue rim

    Informasi selengkapnya tentang ikan cupang ada di sini : cupang sehat

    BalasHapus
  3. https://medium.com/@tariasyavina895/paulo-dybala-lagi-lagi-positif-corona-ab5061bdcde9

    BalasHapus